Thursday 12 February 2015

Pengertian Kiamat

Pengertian Kiamat - hey jumpa lagi di Berbagi Ilmu, udah lama nih ga berbagi, hehe nah mumpung ketemu Berbagi ilmu mau share ilmu lagi nih, kali ini tentang ilmu tentang Pengertian Kiamat . sebelum mulai ke pembahasan, sedikit memberitahukan untuk updatetan sebelumnya adalah Faktor - faktor Timbulnya Aliran - aliran Ilmu Kalam. langsung saja kita menuju ke pembahasan kali ini, selamat membaca..!!!


Pengertian Kiamat

Kiamat adalah hari akhir kehidupan seluruh manusia dan makhluk hidup di dunia yang harus kita percayai kebenaran adanya, yang menjadi jembatan untuk menuju ke kehidupan selanjutnya di akhirat yang kekat abadi.

 Akan datang suatu hari ketika Allah yang Maha hidup mengakhiri kehidupan dan membinasakan makhluk-makhluk hidup, sebagai bukti kebenaran firman-Nya:
- Q.S. ar Rahman : 26-27
Artinya :  
26. semua yang ada di bumi itu akan binasa.
27. dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.

- Q.S. al Qashash : 88
Artinya :  
 “Janganlah kamu sembah di samping (menyembah) Allah, Tuhan apapun yang lain. tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. bagi-Nyalah segala penentuan, dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”


Kemudian datang waktu di mana Allah mengembalikan dan membangkitkan hamba-hamba-Nya, lalu membawa mereka ke hadapan-Nya dan meminta pertanggung jawaban mereka atas perbuatan-perbuatan yang telah mereka lakukan.

Iman kepada hari kiamat merupakan rukun iman yang ke lima. Kiamat di bedakan menjadi dua, kiamat besar (kubro) dan kiamat kecil (sughro). Kiamat sughro adalah maut. Setiap orang yang mati, berarti telah terjadi kiamatnya. Sedangkan kiamat kubro adalah akhir dari kehidupan seluruh manusia dan makhluk hidup di dunia.

Tentang kapan waktu kiamat akan datang, tidak seorangpun yang mengetahuinya. Suatu hari Rasulullah ditanya tentang kapan kiamat terjadi. Beliau menjawab, “tidaklah yang ditanya lebih tahu daripada yang bertanya”. Yang bertanya adalah Malaikat Jibril yang menyamar sebagai seorang laki-laki.

Manusia seringkali bertanya-tanya, mengenai waktu kiamat. Mereka seringkali bertanya kepada Rasulullah, dan datanglah jawaban dari zat yang menurunkan Al Qur’an bahwa sesungguhnya kiamat itu adalah hal gaib, dan waktu terjadinya kiamat adalahsalah satu ilmu khas Allah. Firman Allah dalam Q.S. al Ahzab : 63 dan Q.S. an Nazi’at : 42-45
Artinya : 
“ sebagai sunnah Allah yang Berlaku atas orang-orang yang telah terdahulu sebelum (mu), dan kamu sekali-kali tiada akan mendapati peubahan pada sunnah Allah.”

Artinya :  
42. (orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari kebangkitan, kapankah terjadinya?
43. siapakah kamu (maka) dapat menyebutkan (waktunya)?
44. kepada Tuhanmulah dikembalikan kesudahannya (ketentuan waktunya).
45. kamu hanyalah pemberi peringatan bagi siapa yang takut kepadanya (hari berbangkit)

Diantara tanda-tanda kiamat adalah diutus dan wafatnya Rasulullah SAW. Dalam hadits riwayat Bukhari Muslim, Sahal ibnu Sa’ad berkata, “Rasulullah bersabda: Diutusnya aku dan hari kiamat adalah seperti dua jari ini (sambil menunjuk pada jari tengah dan jari telunjuknya). Tanda-tanda kiamat di bagi menjadi tiga yaitu yang telah terjadi, masih berlangsung dan belum terjadi (akan terjadi).
a. Tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi :
- Diutus dan wafatnya Rasululloh
- Terbelahnya bulan
- Api Hijaz menerangi punuk onta di Bashrah
- Terhapusnya Jizyah dan pajak.

b. Tanda-tanda kiamat yang masih berlangsung dan mungkin teulang lagi :
- Penaklukan dan Peperangan
- Munculnya Dajjal-dajjal yang mengaku Nabi
- Fitnah-fitnah
- Menyerahkan urusan kepada yang bukan ahlinya
- Rusaknya kaum muslimin
- Hamba sahaya melahirkan tuannya, orang yang tak beralas kaki, serta pengembala berlomba-lomba membangun gedung
- Konspirasi bangsa-bangsa kepada umat Islam
- Bencana Khasaf, Qadhaf dan Masakh
- Melimpahnya harta
- Ucapan salam hanya kepada yang dikenal, meluasnya perdagangan dan putusnya silaturrahmi
- Guncangnya nilai-nilai
- Polisi akhir zaman bersikap kejam

c. Tanda-tanda kiamat yang belum terjadi :
- Jazirah Arab kembali sarat dengan kebun-kebun dan sungai-sungai
- Bulan terlihat membesar
- Binatang buas dan benda mati dapat bicara
- Sungai Efrat menyingkap gunung emas
- Keluarnya kekayaan alam yang terpendam di perut bumi
- Kaum Muslim terkepung di Madinah
- Jahjah menjadi raja
- Fitnah al Ahlas, fitnah orang bodoh dan fitnah orang yang lebih bodoh
- Munculnya al Mahdi

Selain tanda-tanda di atas (tanda-tanda kecil), ada tanda-tanda besar yang menunjukkan bahwa kiamat telah dekat. Jika muncul tanda-tanda itu berarti kiamat sudah berada di ambang pintu. Tanda-tanda besar terjadi secara bergantian dan tidak terputus oleh waktu. Bagaikan kalung tasbih, yang apabila benangnya putus, setelah biji pertamanya jatuh maka biji-biji yang lain segera berjatuhan. Tanda-tanda besar tersebut adalah :
1. Kabut
2. Fitnah dajjal
3. Turunnya Isa al Masih
4. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj
5. Hapusnya Islam, hilangnya Al Qur’an dan musnahnya orang-orang sholeh
6. Manusia kemmbali kepada kejahiliahan dan penyembahan berhala
7. Penghancuran Ka’bah oleh Dzussuwaiqatain
8. Matahari terbit dari barat
9. Keluarnya binatang melata

10. Api yang menghimpun manusia

Demikianlah Pengertian Kiamat , mudah-mudahan bermanfaat, dapat menjadi refensi baru, dan tentunya menambah pengetahuan bagi kalian semua.. trimakasih kepada pengunjung setia Berbagi Ilmu,, 

0 comments:

Post a Comment