Sunday 30 August 2015

Surga dan Nama-nama Surga dan Calon Penghuninya

Surga dan Nama-nama Surga dan Calon Penghuninya - Surga adalah tempat kehidupan di akhirat yang penuh dengan kenikmatan yang hakiki dan abadi sebagai balasan bagi orang yang bertakwa, beriman dan beramal saleh , yang telah dijanjikan oleh Allah swt. Surga itu sesuatu yang belum pernah dialami selama di dunia oleh siapapun dan tidak dibayangkan keadaannya oleh pikiran dan gambaran dalam hati.
Sebagaimana disebutkan dalam hadis qudsi sebagai berikut :
 
Artinya: :
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a Rasulullah saw bersabda : Allah Ta’ala berfirman “ Aku telah menyediakan untuk hambaku yang saleh sesuatu yang belum pernah dilihat mata dan belum pernah didengar telinga serta belum pernah tergoreskan dalam hati manusia (HR.Bukhari Muslim).

Surga adalah ganjaran yang luar biasa yang disediakan Allah SWT untuk hamba-hamba yang dicintai-Nya dan yang taat kepada-Nya. Surga adalah tempat yang penuh dengan kesenangan dan kenikmatan, tanpa ada yang dapat mengurangi dan mengusik kesuciannya.

Surga itu tempat yang telah dijanjikan Allah untuk orang-orang yang bertakwa, sebagaimana firmannya dalam surat ali Imrãn ayat 133:
Artinya :
dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (QS. Ali Imron : 133 ).

 Surga dijanjikan Allah untuk orang-orang beriman dan beramal saleh, sebagaimana firmannya dalam surat al-Baqarah ayat 25
Artinya : "dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada Kami dahulu." mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. .(Q.S. al Baqarah :25)".

Adapun nama-nama surga disebutkan dalam al-Quran sebagai berikut :

a. Surga ‘Adn (lihat Q.S. ar-Ra’d [13] : 22-24)
    Artinya :
    22. dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang Itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),
    23. (yaitu) syurga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;
    24. (sambil mengucapkan): "Salamun 'alaikum bima shabartum". Maka Alangkah baiknya tempat kesudahan itu.
b. Surga Na’îm (lihat Q.S.al-Waqi’ah [56] : 12)
    Artinya :
    12. berada dalam jannah kenikmatan.
c. Surga Ma’wa (lihat Q.S.as-Sajdah [32] : 19 )
    Artinya :
    Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, Maka bagi mereka jannah tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan.
d. Surga Firdaus (lihat Q.S.al-Kahfi [18] : 107)
    Artinya :
    Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal,
e. Surga Dãrus-Salãm (lihat Q.S.al-An’am  : 127)
    Artinya :
    bagi mereka (disediakan) darussalam (syurga) pada sisi Tuhannya dan Dialah pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan
f. Surga Dãrul Khulud (lihat Q.S.al-Qaf [50] : 34)
    Artinya :
    masukilah syurga itu dengan aman, Itulah hari kekekalan. (QS. Al-Qaf : 34)
g. Surga Dãrul Muqomah (lihat Q.S.al-Fatir [35] : 35)
    Artinya :
    yang menempatkan Kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya Kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu". ( QS. Al-Fatir : 35 )
h. Surga Maqam Amîn ((lihat Q.S.ad-Dukhan [44] : 51)
    Artinya :
    Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, ( QS. Ad-Dukhan : 51 )

Nama-Nama Surga Dan Calon Penghuninya

Perihal nama-nama surga, tingkatan, dan para calon penghuninya ialah sebagai berikut:
1.  Surga Firdaus diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Calon penghuninya dijelaskan dalam Surat 23/Al-Mukminun ayat 1- 11, ialah
    a.      orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya,
    b.      orang-orang yang memelihara sholat,
    c.      orang-orang yang berpaling dari pekerjaan yang sia-sia.
    d.      orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali kepada istri-istri mereka
2.  Surga Adn diciptakan oleh Allah SWT dari intan putih. Calon penghuninya, ialah
    a)     Orang-orang yang sabar karena mencari keridhoan Tuhan- nya, mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan. (QS. 13IAr Ro’du: 22-24)
    b)     Orang yang bertaubat, beriman, dan beramal saleh. (QS. 19/ Maryam: 60-61)
    c)      orang-orang yang benar-benar bertakwa. (QS. 38/Shod: 49- 50)
3.  Surga Na’im diciptakan oleh Allah SWT dari perak putih. Calon penghuninya, ialah
    a.    orang-orang yang beriman dan beramal saleh (QS. 31/ Luqman: 8)
    b.    orang-orang yang bertakwa (QS. 68/Al-Qolam: 34)
4.  Surga Ma’wa diciptakan oleh Allah SWT dari zamrud hijau. Calon penghuninya, ialah:
    a.    orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT (QS. 53/An- Najm: 15)
    b.    orang-orang yang benar-benar beriman dan berawal saleh. (QS 32/As-Sajdah: 19)
    c.    orang-orang yang takut kepada kebesaran Allah SWT dan menahan diri dari hawa nafsu yang buruk. (QS.79/An- Nazi’at: 40-41)
5.  Surga Darussalam diciptakan oleh Allah SWT dari yakut merah. Calon penghuninya sebagaimana yang diterangkan dalam Surat Al-An’am ayat 127, ialah:
    a.    orang-orang yang kuat iman dan islamnya;
    b.    orang-orang yang memperhatikan ayat-ayat Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari karena Al¬lah SWT.
6.  Surga Darul Muqomah diciptakan oleh Allah SWT dari permata putih. Calon penghuninya, ialah orang-orang yang    kebaikannya amat banyak dan sangat jarang berbuat kesalahan.
7.  Surga Al-Maqomul Amin diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Calon penghuninya, ialah orang-orang yang keimanannya telah mencapai tingkat muttaqin, yakni orang-orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah.
8.  Surga Khuldi diciptakan oleh Allah SWT dari marjan merah dan kuning. Calon penghuninya, ialah orang-orang     yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.     (QS. 25/Al-Furqon: 15)

Perihal nama-nama surga, tingkatan, dan para calon penghuninya ialah sebagai berikut:
1.  Surga Firdaus diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Calon penghuninya dijelaskan dalam Surat 23/Al-Mukminun ayat 1- 11, ialah
    a.      orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya,
    b.      orang-orang yang memelihara sholat,
    c.      orang-orang yang berpaling dari pekerjaan yang sia-sia.
    d.      orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali kepada istri-istri mereka
2.  Surga Adn diciptakan oleh Allah SWT dari intan putih. Calon penghuninya, ialah
    a)     Orang-orang yang sabar karena mencari keridhoan Tuhan- nya, mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan. (QS. 13IAr Ro’du: 22-24)
    b)     Orang yang bertaubat, beriman, dan beramal saleh. (QS. 19/ Maryam: 60-61)
    c)      orang-orang yang benar-benar bertakwa. (QS. 38/Shod: 49- 50)
3.  Surga Na’im diciptakan oleh Allah SWT dari perak putih. Calon penghuninya, ialah
    a.    orang-orang yang beriman dan beramal saleh (QS. 31/ Luqman: 8)
    b.    orang-orang yang bertakwa (QS. 68/Al-Qolam: 34)
4.  Surga Ma’wa diciptakan oleh Allah SWT dari zamrud hijau. Calon penghuninya, ialah:
    a.    orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT (QS. 53/An- Najm: 15)
    b.    orang-orang yang benar-benar beriman dan berawal saleh. (QS 32/As-Sajdah: 19)
    c.    orang-orang yang takut kepada kebesaran Allah SWT dan menahan diri dari hawa nafsu yang buruk. (QS.79/An- Nazi’at: 40-41)
5.  Surga Darussalam diciptakan oleh Allah SWT dari yakut merah. Calon penghuninya sebagaimana yang diterangkan dalam Surat Al-An’am ayat 127, ialah:
    a.    orang-orang yang kuat iman dan islamnya;
    b.    orang-orang yang memperhatikan ayat-ayat Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari karena Al¬lah SWT.
6.  Surga Darul Muqomah diciptakan oleh Allah SWT dari permata putih. Calon penghuninya, ialah orang-orang yang    kebaikannya amat banyak dan sangat jarang berbuat kesalahan.
7.  Surga Al-Maqomul Amin diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Calon penghuninya, ialah orang-orang yang keimanannya telah mencapai tingkat muttaqin, yakni orang-orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah.
8.  Surga Khuldi diciptakan oleh Allah SWT dari marjan merah dan kuning. Calon penghuninya, ialah orang-orang     yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. (QS. 25/Al-Furqon: 15)
 
Begitulah kiranya share kali ini mengenai Surga dan Nama-nama Surga dan Calon Penghuninya, untuk share sebelumnya adalah Syafa'at. trimakasih

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete