Thursday 27 August 2015

Catatan Amal Perbuatan Manusia di Dunia

Catatan Amal Perbuatan Manusia di Dunia - Melanjutkan pada sharing yang sebelumnya mengenai Pertanggung Jawaban Amal Perbuatan pada Hari Kiamat, nah kali ini adalah menimbang mengenai Catatan Amal Perbuatan Manusia di Dunia. 

Catatan Amal Perbuatan di akhir penghisaban, setiap hamba akan diberi buku catatan amal perbuatan, yang berisi catatan lengkap seluruh amal perbuatan yang telah ia lakukan di dunia. Mereka akan menerima buku dengan cara yang berbeda-beda.
Orang mukmin akan menerima buku dengan tangan kanannya dari arah depan. Ia akan dihisab dengan mudah dan kembali kepada keluarganya di surga dengan gembira. Digambarkan dalam firman Allah, surat al Insyiqaq ayat 7- 9 :
Artinya :
7. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya,
8. Maka Dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah,
9. dan Dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira.

Ketika orang mukmin melihat ketauhidan dan amal saleh yang tercatat dalam bukunya ia merasa bahagia dan gembira. Ia akan mengungkapkan kegembiraannya dengan suara yang lantang. Digambarkan dalam surat al Haqqah ayat 19 – 24 :
Artinya :
19. Adapun orang-orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kanannya, Maka Dia berkata: "Ambillah, bacalah kitabku (ini)".
20. Sesungguhnya aku yakin, bahwa Sesungguhnya aku akan menemui hisab terhadap diriku.
21. Maka orang itu berada dalam kehidupan yang diridhai,
22. dalam syurga yang tinggi,
23. buah-buahannya dekat,
24. (kepada mereka dikatakan): "Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu".

Orang-orang kafir, orang-orang munafik dan orang-orang yang sesat diberi kitab dari sebelah kiri dan dari arah belakang. Ketika itu mereka akan meratapi diri dan menyesali semua yang telah terjadi.

Ketika hamba-hamba telah menerima kitab mereka masing-masing, kepada mereka dikatakan, seperti yang diterangkan dalam surat al Jatsiyah ayat 29 
Artinya :
29. (Allah berfirman): "Inilah kitab (catatan) Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan".

hanya inilah yang dapat (berbagi ilmu) share mengenai Catatan Amal Perbuatan Manusia di Dunia. trimakasih waktunya, keep sharing ya sobat.

0 comments:

Post a Comment