Thursday 12 February 2015

Ba’ats, Hasyr dan Mauqif serta Hikmahnya

Ba’ats, Hasyr dan Mauqif serta Hikmahnya - hey jumpa lagi di Berbagi Ilmu, udah lama nih ga berbagi, hehe nah mumpung ketemu Berbagi ilmu mau share ilmu lagi nih, kali ini tentang ilmu tentang Ba’ats, Hasyr dan Mauqif serta Hikmahnya . sebelum mulai ke pembahasan, sedikit memberitahukan untuk updatetan sebelumnya adalah Pengertian Kiamat . langsung saja kita menuju ke pembahasan kali ini, selamat membaca..!!!

a. Ba’ats

Yang dimaksud dengan al ba’ats  (kebangkitan) adalah kembali secara jasmani (berjasmani), penghidupan kembali manusia di hari kiamat.

Ba’ats yaitu hari dibangkitkannya seluruh umat manusia sejak zaman Nabi Adam as hingga manusia terakhir dari alam kubur. Peristiwa ini terjadi setelah Allah memerintahkan Malaikat Isrofil meniup sangkakala, dan kembalilah roh-roh ke jasadnya masing-masing, lalu bangkitlah manusia menghadap Tuhan.
Firman Allah dalam surat az-Zumar ayat 68;
Artinya :  
 “Dan ditiuplah sangkakala, Maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi Maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).”

Firman Allah dalam surat Yaasin ayat 51-53;
Artinya :  
51. dan ditiuplah sangkalala, Maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka.
52. mereka berkata: "Aduhai celakalah kami! siapakah yang membangkitkan Kami dari tempat-tidur Kami (kubur)?". Inilah yang dijanjikan (tuhan) yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul- rasul(Nya).
53. tidak adalah teriakan itu selain sekali teriakan saja, Maka tiba- tiba mereka semua dikumpulkan kepada kami.

Firman Allah dalam surat al-Mujadalah ayat 6;
Artinya :
Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, Padahal mereka telah melupakannya. dan Allah Maha menyaksikan segala sesuatu.

Allah menghidupkan kembali hamba-hamba-Nya. Tetapi dalam hal-hal tertentu mereka diciptakan secara berbeda-beda sesuai dengan keadaan mereka ketika di dunia. Salah satu perbedaan itu ialah mereka tidak mati-mati, betapapun mereka di siksa, mereka dapat melihat apa saja yang dahulu mereka tidak bisa lihat, seperti melihat malaikat, jin dan hal-hal yang hanya Allah saja yang tahu.

b. Hasyr 

Hasyr adalah, hari berkumpulnya seluruh umat manusia sejak manusia pertama hingga manusia paling akhir setelah mereka dibangkitkan dari alam kubur. Pada hari tersebut matahari didekatkan sehingga panasnya akan terasa menyiksa bagi manusia yang tidak beriman dan buruk amalnya. Sedangkan orang beriman yang baik amalnya akan mendapatkan naungan/ perlindungan dari AllahSWT Firman Allah dalam surat al-An’am ayat 22 ;
   
Artinya :
“Dan (ingatlah), hari yang di waktu itu Kami menghimpun mereka semuanya kemudian Kami berkata kepada orang-orang musyrik: "Di manakah sembahan-sembahan kamu yang dulu kamu katakan (sekutu-sekutu) kami?". (QS. al-An’am : 22)

Penghimpunan atau pengumpulan ini mencakup orang-orang terdahulu dan orang-orang kemudian. Seperti diterangkan dalam surat al Waqi’ah ayat 49-50 :

Artinya :  
49. Katakanlah: "Sesungguhnya orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang terkemudian,
50. benar-benar akan dikumpulkan di waktu tertentu pada hari yang dikenal.

Kekuasaan Allah meliputi seluruh hamba-Nya. Tidak ada sesuatupun yang dapat melemahkan Allah. Bagaimanapun hancurnya manusia, Allah akan mendatangkannya, walaupun ia hancur di ruang angkasa, terpendam dalam perut bumi, diluluh lantahkan hewan pemangsa atau ikan-ikan di laut, semua bagi Allah sama.

Manusia dikumpulkan dalam keadaan telanjang kaki, tidak berpakaian, dan tidak di khitan. Dalam sebuah hadits diterangkan bahwa Nabi bersabda : ”Sesungguhnya kalian akan dikumpulkan dalam keadaan telanjang kaki, telanjang badan dan tidak di khitan, kemudian Nabi membaca surat al Anbiya ayat 104 :
   
Artinya :
“ (yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran - lembaran kertas. sebagaimana Kami telah memulai panciptaan pertama Begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; Sesungguhnya kamilah yang akan melaksanakannya.”


c. Mauqif 

Mauqif secara bahasa berarti tempat berhenti. Manusia akan dibangunkan dari kuburnya (dari kematian) pada hari kiamat sebagaimana tubuh kita sekarang, tetapi tidak berpakaian, tidak memakai sandal, alam ini dinamakan alam makhsyar. Alam ini tidak berlantai tanah, tetapi lantainya bagaikan perak yang berkilau, dan matahari hanya 7 hasta diatas kepala dan tidak ada tempat berteduh, pohon atau bangunan apapun.

Manusia berdesak-desakkan, untuk menginjakkan kaki ke lantai mereka berebut karena terlalu banyaknya manusia, dengan panasnya berdesakan dan panasnya terik matahari diatas kepala, maka manusia akan terendam oleh keringatnya masing-masing tergantung amal berbuatan manusia di dunia. Ada yang sebatas tungkak, sebatas leher, bahkan ada yang tenggelam.

Dalam keadaan hiruk pikuk manusia seperti ini, Allah memerintahkan kepada api untuk menggiring manusia menuju mauqif. Mauqif ini tempat pengadilan Allah yang sangat adil, untuk menimbang amal perbuatan manusia dan menentukan tujuan tempat akhir, surga atau neraka.

Demikianlah Ba’ats, Hasyr dan Mauqif serta Hikmahnyat , mudah-mudahan bermanfaat, dapat menjadi refensi baru, dan tentunya menambah pengetahuan bagi kalian semua.. trimakasih kepada pengunjung setia Berbagi Ilmu,, 

2 comments:

  1. saya mau bertanya, apa hubungan antara peristiwa baats, hasyr dan mauqif tersebut?
    terimakasih :)

    ReplyDelete