Thursday 25 December 2014

Kisah Imam Mahdi dan Hikmahnya

Kisah Imam Mahdi dan Hikmahnya -  oke Jumpa lagi di Berbagi Ilmu, kali ini mau update terbaru tentang Kisah Imam Mahdi dan hikmahnya. sebelum mulai ke pembahasan, sedikit memberitahukan untuk updatetan kemarin adalah Kisah Ya'juj dan Ma'juj dan hikmahnya. oke kita langsung saja ke pembahasan kali ini, selamat membaca..!!!

Kisah Imam Mahdi dan hikmahnya

Al mahdi dalam bahasa arab berarti orang yang mendapat petunjuk. Sedangkan dalam studi teologi Islam dimaknai sebagai manusia pilihan yang mendapatkan petunjuk dari Allah dan seorang pemimpin akhir zaman yang memperbaharui dan mengajak seluruh manusia kembali pada zaman yang benar.

Imam Mahdi (Muhammad Al Mahdi) Mehdi; seseorang yang memandu, adalah seorang muslim muda yang akan dipilih Allah untuk menghancurkan semua kezaliman dan menegakkan keadilan di muka bumi sebelum datangnya hari kiamat.

Dalam hadits Abu Dawud Attirnidzi meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda:”Seandainya bumi ini tinggal satu hari saja maka Alloh akan memanjangkan hari itu sehingga di bangkitkan seorang lelaki dari kalangan umat ku dari kalangan ahlul baitku, Namnaya sama dengan namaku,akan memnuhi bumi ini dengan keadilan sebagaimana bumi ini telah di penuhi dengan kezaliman.

Dalam hadits lain Rasululloh bersabda : “ Sungguh, bumi ini akan dipenuhi oleh kezaliman dan kesemena-menaan. Dan apabila kesemena-menaan itu telah penuh, maka Allah akan mengutus seorang laki-laki yang berasal dari umatku, namanya seperti namaku dan nama bapaknya sama dengan bapakku ( Muhammad bin Abdullah ). Maka ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran, sebagaimana ia ( bumi ) telah dipenuhi sebelum itu oleh kezaliman dan kesemena menaan. Diwaktu itu langit tidak akan menahan setetespun dari tetesan airnya, dan bumi pun tidak akan menahan sedikitpun dari tanaman-tanamannya. Maka ia akan hidup bersamamu selama 7 tahun, atau 8 tahun atau 9 tahun”. ( HR. Thabrani ) 

Dari Khuzaefah bahwa Rosululloh SAW bersabda:”Al-mahdi itu adalah seorang laki-laki dari anak keturunanku warna kulitnya warna Arab, postur tubuhnya tubuh orang Israel, Pada pipi sebelah kanan ada tahi lalat seakan-akan dia seperti bintang bercahaya. Ia memenuhi bumi dengan keadilan, sebagaimana dipenuhinya bumi itu oleh kecurangan. Pengikut bumi dan langit,burung di udara merasa senang pada kepemimpinannya.(HR Rauyani dan Abu Nu’ain)

Dalam Al Qur’an terdapat ayat-ayat yang membahas tentang peristiwa dan kejadian yang akan terjadi pada akhir zaman serta hubungannya dengan sosok imam Mahdi. Diantaranya :

“Dan sesungguhnya, kami telah menuliskan dalam Zabur setelah zikir bahwa dunia akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang sholeh”. (QS. Al Anbiya [21]: 105) 

Syaikh Abu Mansyur Thabrisi mengatakan bahwa ayat ini berkaitan dengan hadits yang menjelaskan bahwa jika usia dunia sudah tidak tersisa lagi kecuali tinggal satu hari maka Allah akan memanjangkan hari tersebut sehingga orang yang sholeh dari keturunan Muhammad saw bangkit dan memenuhi dunia dengan keadilan. Seseorang yang sholeh ini diyakini sebagai Al Mahdi.

Sisa (keuntungan) dari Allah[734] adalah lebih baik bagimu jika kamu orang-orang yang beriman. dan aku bukanlah seorang penjaga atas dirimu.(QS. Hud [11]: 86)

Menurut imam Ja’far Ash-Shiddiq, yang dimaksud dengan simpanan Tuhan adalah Imam mahdi yang kemunculannya dirahasiakan Allah

“Ketahuilah, sesungguhnya Allah swt akan menghidupkan kembali buminya yang telah mati. Sungguh kami telah menjelaskan kepada kalian tanda-tanda (Kami) supaya kalian berfikir”. (QS al Haddid [57]: 17)

Maksud ayat ini menurut Ja’far Ash-Shadiq, Allah menghidupkan kembali bumi-Nya dengan perantara keadilan yang disebarluaskan Imam Mahdi setelah sebelumnya bumi mati akibat kezaliman dan kesesatan.

Kaum Muslim sunni meyakini bahwa imam mahdi merupakan sosok manusia saleh yang bernama Muhammad bin Abdullah. Mereka berpedoman pada hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Abu dawud dan At Tirmidzi bahwa Nabi saw bersabda : “Seandainya bumi ini tinggal satu hari saja maka Allah akan memanjangkan hari itu sehingga dibangkitkan seorang laki-laki dari kalangan umatku, dari kalangan ahli baithku namanya sama dengan namaku, akan memenuhi bumi ini dengan keadilan sebagaimana bumi ini telah dipenuhi dengan kezaliman”.

Dalam hadits lain Nabi saw bersabda : “Tidak akan terjadi kiamat sehingga bangsa Arab diperintah oleh seorang laki-laki dari keluargaku (Ahlibaiti) yang namanya sama dengan namaku”. (HR. Athabrani, At Tirmidzi dan Ibnu Hibban)   

Perihal kapan akan muncul di muka bumi, kaum muslim sunni berbeda pendapat sehingga melahirkan tafsir yang bermacam-macam. Ada yang memahaminya bukan sebagai sosok yang nyata dalam wujud manusia, tetapi mereka mendapat petunjuk untuk memperbaharui pemahaman umat Islam. Namun, pendapat yang dominan adalah Al mahdi itu merupakan manusia pilihan Allah dan umat Islam wajib menanti kehadirannya.
Kelahiran beliau adalah sebuah realita yang tidak dapat dipungkiri. Banyak sekali bukti historis dan tekstual yang menegaskan hal itu. Imam Ja'far ash-Shadiq as berkata: “Tidak akan meninggal dunia salah seorang dari kami kecuali ia akan meninggalkan seseorang yang akan meneruskan missinya, berjalan di atas sunnahnya dan melanjutkan dakwahnya.

dan Katakanlah: "Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap". Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.  (QS. Al-Isrâ`: 81).

Kaum Muslim Syiah memiliki pendapat yang  berbeda, mereka meyakini sosok Imam Mahdi berbeda beda sesuai dengan aliran yang mereka anut, karena dalam Syiah memiliki banyak aliran. Faham imamiyah mereka meyakini bahwa sosok Imam Mahdi adalah salah satu dari Imam mereka.

Ciri-ciri Imam Mahdi

Tidak ada seorangpun dimuka bumi ini yang mengetahui tentang Imam Mahdi dan ciri-cirinya, kecuali Rasululloh saw sebaba Rosululloh di bimbing oleh wahyu. Oleh karena itu, tempat terbaik untuk merujuk tentang perkara ini adalah apa yang Rosululloh katakana dalam hadits-haditsnya. Diantaranya :
Rosululloh saw telah bersabda :

“Al Mahdi berasal dari umatku, berkening besar, berhidung panjang dan mancung. Ia akan memenuhi bumi ini keadilan dan kemakmuran, sebagaimana ia (bumi ini) sebelum itu dipenuhi oleh kezaliman dan kesemena menaan, dan ia (umur kekhalifahan) berumur tujuh tahun”. (HR. Abu Dawud dan Al Hakim)
“Al Mahdi berasal dari umatku, dari keturunan anak cucuku”. (HR. Abu Dawud, {bnu Majah dan Al Hakim)

Kemunculan Imam Mahdi

Kemunculan Imam Mahdi bukan karena kemauan Imam Mahdi itu sendiri melainkan karena takdir Allah yang pasti berlaku. Bahkan Imam Mahdi sendiri tidak menyadari bahwa dirinya adalah Imam Mahdi melainkan setelah Allah SWT mengishlahkannya dalam suatu malam, seperti yang dikatakan dalam sebuah hadits :

“Al Mahdi berasal dari umatku, yang akan di ishlah oleh Allah dalam suatu malam”. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
Murtadha Muthahhari menerangkan bahwa kemunculan Imam Mahdi ditandai dengan lahirnya dua golongan; penindas (mustakbarin) dan tertindas (mustadh’afin). Masyarakat hanya diisi oleh dua kelompok ini. Sang penindas dengan menggunakan kekuatan uang, jabatan dan pengaruh merampas tenaga orang-orang kecil tanpa memperhatikan hak-haknya. Sitertindas tidak berani menagih janji dan hanya bisa diam  ketika diperlakukan tidak adil. Pendapat lain mengatakan, Imam Mahdi akan muncul ketika orang saleh menjadi sangat saleh dan orang jahat menjadi sangat jahat. 
Kehadiran Imam Mahdi menjadi tanda perwujudan tegaknya keadilan secara menyeluruh di Dunia. Dalam kitab Ghaibah Nu’mani dan Bihar Al-Anwar di sebutkan ada Sembilan hal yang di tegakan Imam Mahdi yaitu:
1. Menegakan keadilan dan para penentangnya akan di hadapi dengan keras dan tidak di beri kesempatan berbuat curang.
2. Meningkatkan perkembangan intelektual,spiritual dan keimanan.
3. Mewujudkan persatuan dan solidaritas di tengah umat islam.
4. Keselamatan jasmani dan rohani dirasakana umat Islam.
5. Kebaikan dan berkah yang melimpah memenuhi umat Islam.
6. Kemiskinan akan lenyap karena keberkahan dan kekayaan bumi di bagikan merata pada penduduk bumi.
7. Kemenangan Islam tercapai dan kekafiran Lenyap.
8. Tercapainya solidaritas umum.
9. Tersebarnya Ilmu pengetahuan dan terbukanya semua rahasia ilmu pengetahuan.

Kepemimpinan Imam Mahdi

Dalam hadits disebutkan bahwa Imam Mahdi akan memimpin selama 7 atau 8 atau 9 tahun. Sesama kepemimpinanannya Imam Mahdi akan membawa kaun Muslimin untuk memerangi kezaliman, hingga satu demi satu kedzaliman akan tumbang dibawah kekuasaannya.

Kemenangan demi kemenangan yang diraih Imam Mahdi akan membuat raja kezaliman (Dajjal), sehingga Dajjal keluar dari persembunyiannya dan berusaha membunuh Imam Mahdi dan pengikutnya.
Kekuasaan dan kehebatan Dajjal bukanlah lawan tanding Imam Mahdi oleh karena itu sesuai dengan takdir Allah, maka Allah akan menurunkan Nabi Isa as, yang bertugas membunuh Dajjal. Imam Mahdi dan Nabi Isa as akan bersama sama memerangi Dajjal dan pengikutnya, hingga Dajjal mati ditombak Nabi Isa di pintu Lud dalam kompleks Al Aqsha. 

Hikmah lahirnya Imam Mahdi
Hikmah lahirnya / diturunkannya Imam Mahdi diantaranya adalah :
1. Petunjuk kepada manusia untuk memperdalam pengetahuan dan keyakinan tentang Imam Mahdi
2. Peringatan kepada manusia agar meneruskan perjuangan dan dakwah
3. Mentauladani kisah-kisah para nabi-nabi adalah sunatullah
4. Menguatkan keikhlasan dalam berbagai bentuk aplikasi 
5. Peringatan kepada manusia untuk membenahi diri untuk tetap berada di jalan yang di ridhoi Allah.


begitulah kiranya Kisah Imam Mahdi dan hikmahnya yang dapat Berbagi Ilmu berikan, mudah-mudahan bermanfaat, dapat menjadi refensi baru, dan tentunya menambah pengetahuan bagi kalian semua.. trimakasih kepada pengunjung setia Berbagi Ilmu,, 

0 comments:

Post a Comment