Thursday 25 December 2014

Nama-nama Ilmu Kalam dan Sebabnya

Nama-nama Ilmu Kalam dan Sebabnya - hai, Jumpa lagi di Berbagi Ilmu, yang pastinya selalu berbagi ilmu, dan kali ini mau berbagi ilmu tentang Nama-nama Ilmu Kalam dan Sebabnya. sebelum mulai ke pembahasan, sedikit memberitahukan untuk updatetan sebelumnya adalah Pengertian Ilmu Kalam. oke mari kita langsung ke pembahasan kali ini, selamat membaca..!!!


Nama-nama Ilmu Kalam dan sebabnya

a. Ilmu Tauhid
Ilmu tauhid digunakan pula untuk nama dari ilmu yang membahas keimanan dalam Islam.
Dinamai dengan ilmu tauhid disebabkan dilihat dari segi tujuannya, yaitu menetapkan keesaan Allah dari segi zat, sifat dan perbuatannya. 
Ilmu kalam disebut Ilmu Tauhid, disebabkan sebagian besar materi pembahasan ilmu kalam adalah materi-materi yang sama dibahas di dalam ilmu tauhid yaitu keyakinan atau aqidah, pokok bahasannya mengfokuskan kepada ke-esaan Alloh baik zat maupun perbuatanNya.
Sedangkan perbedaannya, apabila ilmu tauhid membahas aqidah Islam melalui pendekatan penafsiran dalil-dalil naqli sedangkan ilmu kalam berdasarkan dalil-dalil aqli (rasional).
Dasar ilmu tauhid termaktub QS.al-Ikhlas
yang artinya :
1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, yang Maha Esa.
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia." (QS.al-Ikhlas: 1-4)

b. Ushuluddin
Ilmu kalam dinamai pula ilmu ushuluddin, dilihat dari segi kandungan yang dibicarakan dalam ilmu ini adalah mengenai keyakinan atau keimanan yang mana hal ini merupakan hal yang dianggap dasar struktur ajaran Islam. Dalam membahas masalah ini dikemukakan dalil-dalil baik yang berasal dari al-Qur’an dan al-Sunnah. 

Dan pokok-pokok kepercayaan terpenting yang menjadi pembahasannya adalah ketauhidan termaktub pada QS.al-A’raaf: 54
Artinya :  Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha suci Allah, Tuhan semesta alam. (QS.al-A’raaf: 54)

Pembahasan tentang kenabian, Allah berfirman dalam QS. Isra’: 94 

yang artinya : dan tidak ada sesuatu yang menghalangi manusia untuk beriman tatkala datang petunjuk kepadanya, kecuali Perkataan mereka: "Adakah Allah mengutus seorang manusia menjadi rasuI?"
(QS. Isra’: 94)

Dan pembahasannya tentang kepercayaan pada akhirat.Termaktub pada QS. Al-Anbiya : 104 
Artinya :  (yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran - lembaran kertas. sebagaimana Kami telah memulai panciptaan pertama Begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; Sesungguhnya kamilah yang akan melaksanakannya. (QS. Al-Anbiya : 104)

Tujuan ilmu usuludin adalah untuk memurnikan keesaan Allah. Ilmu ini menempati kedudukan yang sangat penting diantara ilmu-ilmu keislaman lainnya. Hal itu disebabkan objek kajiannya adalah kepercayaan-kepercayaan pokok dalam Islam.

c.‘Aqaid

Ilmu Kalam juga disebut ilmu aqaid, Kata ‘Aqaid adalah bentuk     jamak dari aqidah yang berarti ikatan sebagaimana telah dijelaskan. Ilmu yang dinamai ilmu aqidah karena sasaran yang utama dari ilmu ini adalah berupaya semaksimal mungkin untuk meyakinkan dan meng’itiqadkan tentang adanya Allah, baik dari segi zat, sifat maupun perbuatan-Nya, sehingga akidah dan keyakinan tersebut benar-benar terhujam dalam hati sanubari secara kokoh dan kemudian mendasari setiap amal perbuatan atau tingkah laku sehari-hari.
Dalil naqli tentang aqidah termaktub pada QS. Al-Anbiya:22
Artinya : Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah Rusak binasa. Maka Maha suci Allah yang mempunyai 'Arsy daripada apa yang mereka sifatkan. (QS. Al-Anbiya:22)


nah itulah kiranya Nama-nama Ilmu Kalam dan Sebabnya yang dapat Berbagi Ilmu berikan, mudah-mudahan bermanfaat, dapat menjadi refensi baru, dan tentunya menambah pengetahuan bagi kalian semua.. trimakasih kepada pengunjung setia Berbagi Ilmu,, 


0 comments:

Post a Comment